Pengertian Perilaku
Konsumen oleh para ahli
1. James F Engel
Perilaku konsumen di
definisikan tindak-tindakan individu secara langsung terlibata dalam usaha
memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk proses
pengambilan kepustusan yang mendahuli dan menentukan tindakan-tindakan tersebut
(1988:8)
2. David L
Loundon
Perilaku konsumen dapat
diDefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu
secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau
dapat mempergunakan barang-barang atau jasa (1984:6).
3. Gerald Zaltman
Perilaku konsumen adalah
tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan oleh individu,
kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya
sebagai sutu akibat dari pengalaman dengan produk, pelayanan dan dumber-sumber
lainya. (1979:6)
4. Lamb, Hair
dan Mc.Daniel
Perilaku
konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli,
menggunakan serta mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga
termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan
produk.(Rangkuti,2002:91)
Dari beberapa Definisi
tersebut di atas maka dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa perilaku konsumen
adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individum, kelompok, atau
organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam
mendapakan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonimi yang dafat di pengaruhi
linkungan.
Perilaku
Konsumen bersifat dinamis, dengan artian bahwa perilaku
konsumen, kelompok konsumen, atau masyarakatluas selalu berubah dan bergerak
sepanjang waktu.
Perilaku
Konsumen melibatkan interaksi afeksi (perasaan),
kognisi (pemikiran), perilaku dan kejadian di lingkungannya.
Perilaku konsumen melibatkan
pertukaran. Pertukaran ini terjadi pada sesama
manusia. Misalnya, seseorang menyerahkan suatu nilai (value) kepada orang lain,
dan menerima sesuatu sebaliknya.
Bidang
studi yang terkait dengan perilaku konsumen
1. Sosiologi
Memberikan sumbangan dalam
mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi konsumen seperti konsep struktur
sosial, keluarga, kelas sosial, etnis, gender dan gaya hidup yang dapat
mempengaruhi perilaku individu maupun kelompok.
2.
Antropologi
Memberikan sumbangan dalam memahami
fenomena konsumsi ritual, mitos, simbol dan aspek budaya lainnya.
3.
Ekonomi
Membantu dalam memberikan pemahaman
tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen
serta adanya perbedaan perilaku konsumsi akibat perbedaan tingkat ekonomi antar
masyarakat.
4.
Psikologi
Membantu dalam memahami
proses-proses psikologi yang sifatnya individual seperti kepribadian, motivasi,
persepsi, proses belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap
perilaku konsumen.
Sumber
: Teori ini disarikan dari buku karangan J. Paul Peter & Jerry C. Olson
yang berjudul “Consumer Behavior & Marketing Strategy.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar